Rabu, 12 Februari 2014

just travelling : solo for first destination !

setelah beberapa hari terlewat, akhirnya baru sekarang bisa nge-share pengalaman travelling 2 minggu  keliling kota di jawa tengah dan timur yang cuma berbudget 1 juta rupiah plus PP.hehe. tips paling ampuh biar bisa keliling kota dengan ber budget minim adalah miliki teman sebanyak-banyaknya. itu adalah tips paling top yang bisa aku kasih tau disini, kenapa aku bisa bilang begitu? karna dengan miliki teman sebanyak-banyaknya maka kalian gak perlu bingung mencari tempat menginap, cukup kalian calling teman kalian, kalian bisa numpang menginap di kos atau rumah teman kalian. sekalian temu kangen lama tak bertemu. sebenarnya memang itu yang dicari, temu kangen tapi berbonus tempat menginap hehe. langsung aja aku cerita dari awal memulai perjalanan. tempat pertama yang aku kunjungi adalah kota solo, kotanya pak jokowi hehe. kota ini bisa disebut kota rumah kedua bagiku, soalnya kota ini tempat aku dibentuk menjadi remaja yang dewasa, asekk :). pertama kali aku sampai di solo tepatnya di depan rumah sakit moewardi, pukul 3 pagi karna aku naik bis dari bekasi dan sampainya pasti pagi buta. langsung aku calling temen seperjuanganku, panggil saja kyup. aku calling dia, dan dia bilang aku disuruh naik taksi dari rumah sakit moewardi ke kosan dia.
dan kalian tau? ternyata disana cuma ada 3 taksi teronggok tak berdaya yang maksudnya cuma taksi yang tak bersupir. ada satu taksi yang ada isinya tapi ternyata lagi pada tidur. mampus gue, gak ada taksi yang waras jam 3 pagi begini, akhirnya aku telpon si kyup lagi sambil ngeliat kejalan kali aja ada taksi lewat yang berwujud sebagai penyelamat pagi butaku. dan ternyata benar, tiba2 ada taksi dari arah berlawanan lewat dan aku berusaha melambaikan tangan semoga pak taksinya melihat wanita hula hulu ini buta jalan di pagi buta dan untungnya taksi itu melihatku dan akhirnya berbelok,alhamdulillah. gak harus sampe pagi aku di depan rumah sakit moewardi sendirian. setelah aku kasih alamat ke tukang taksinya, gak lama aku nyampe ke kosannya kyup. temu kangen ngobrol-ngobrol bentar pas banget azan subuh berkumandang, kita solat dulu, setelah itu kita tidur karna emang ngantuk banget. paginya kita rencanain buat ke pondok assalaam, karna kebetulan kyup punya adek disana, dia mau jenguk adeknya dan aku kangen juga udah lama gak kesana, sekalian ketemu sama temenku yang lain, bita yang kebetulan dia rumahnya di dalam pondok. oiya sebelum itu kita mencicipi sugerli (susu segar boyolali) yang kita sebut susu tero, kenapa? ada deh, masih rahasia :). kita ketemuan sama bita di depan motor susu tero, kebetulan susu tero itu dijaja kan dengan menggunakan sepeda motor. dan kebetulan lagi hari itu adalah hari muludan/sekaten yang biasanya diadakan pihak keraton untuk membagi-bagikan makanan yang dianggap oleh masyarakat solo makanan tersebut makanan berkah. karna penasaran sama acara tersebut akhirnya kita bertiga cus kesana buat ngiliat aksi membagi-bagikan makanan itu. waktu dateng kesana, ternyata ramai parah yang dateng, tadinya aku berniat untuk mengambil gambar saat membagi-bagikan, tapi kayaknya perlu perjuangan ekstra buat bisa ambil gambarnya. kecuali para pers, mereka mendapatkan tempat khusu untuk mengambil gambar acara tersebut. enak kali yaa.. --" yasudahlah aku tetap mencoba mencari spot yang bagus buat ambil gambar acara tersebut, walopun matahari terik banget. aku sudah berada di tengah hampir depan tempat kerumunan orang-orang menunggu makanan tersebut dibagikan (sebenarnya lebih tepatnya dilempar). orang dalem keraton sudah masuk ke masjid dan makanan sudah mulai didoakan dan aku sudah siap untuk mengambil gambar yang bagus, tapi ternyata diluar dugaan, ketika doa belum selesai dibacakan, masyarakat sudah berebut menarik makanan yang sudah disusun rapi yang akan segera di bagikan. aku yang berada ditengah-tengahpun terbawa arus sana sini dan setiap gambar yang aku ambil selalu blur. si kyup dan bita pun entah kemana, ke anarkisan pun terjadi untuk memperebutkan makanan tersebut. aku berusaha keluar dari desak desakan orang. dan ternyata gak lama makanan tersebut udah ludes diambil dan banyak orang yang kecewa karna tidak kebagian makanan berkat tersebut. dan tugasku pun bukan ingin mengambil gambar lagi, tapi mencari kedua temanku yang entah dimana. setelah di telpon in, ternyata mereka masuk ke dalam mesjid tempat makanan tadi disediakan yang sudah ludes diambil masyarakat, dilantai hanya tinggal sisa-sisa berantakannya saja. tanpa sadar ternyta kakiku berdarah karna masuk di dalam kerumanan tersebut entah terkena bambu atau apa. aku dan kedua temanku pun langsung keluar dari acara tersebut, ya karna acara sudah selesai. hehe keluar dari acara itu, kita ketemuan sama rina yang emang udah janjian buat ketemuan setelah acara muludan itu, dan kita cus ke SGM (Solo Grand Mall). dan ternyata bita ga bawa helm 2, dan ada kisah lucu disini berhadapan dengan polisi (cerita dijabarkan dilain posting). setelah sampai di SGM, kita makan dan akhirnya malah nonton bioskop, the police story. dan lucunya lagi si bita malah nangis tersedu2. haha ya mungkin karna sedih kali ya. malemnya kita berencana buat ke pasar gede numpang foto-foto aja, soalnya emang tempatnya bagus buat foto-foto, disana dipasang banyak lampion, tapi ternyata awal kita disana lampion malah gak nyala, dan kita pun memutuskan untuk makan sosis naga. dan kalian tau?itu emang bener-bener naga abisss.. mulut kalian akan berasa mulut naga yang bisa ngeluarin napas naga, pedes paraahh. sosis naga itu spotnya cukup unik, mereka jualan di pinggiran toko yang udah pada tutup dan menggelar tiker disana buat para pembelinya, jadi bentuknya lesehan gitu. pas buat ngumpul-ngumpul bareng temen-temen disana nostalgia lebih bagus tapi siapin juga uang receh yang banyak, soalnya disana banyak pengamen yang bakal datengin kalian, klo ga dikasih ada beberapa yang ngamuk, hehe tapi santai aja gak usah terlalu khawatirin, diemin aja. :) selagi nunggu sosis naga dateng, kebetulan emang selalu rame jadi agak lama pelayanannya, kita ngobrol2 nostalgia tentang kita di pondok dulu, ketawa-tawa adanya. haha. gak terasa pesanan dateng dan kita pun ber-haah ria, pedes parah broo.. rasakan sensasinya. sehabis dari wisata kuliner sosis naga, kita coba lewatin pasar gede lagi kali aja nyala, dan ternyata nyala woooww.. bagus banget broo.. dan kita pun foto-foto disana, malam itu aku sama kyup nginep di rumah rina dan  mendapat sedikit omelan dari ibunya rina karna pulang malem, maklum lah klo marah-marah kan kita anak cewek masa pulang nya malem, keesokan harinya aku sama kyup ketemu uus,, dia baru dateng dari purwokerto abis ujiannya. nah dan next story trip with uus and kyup and a new actor from malang city :). wait the next story ^^
thanks rina and bita for travelling friend in solo, welcome solo again next time :)