Sabtu, 01 Juni 2013

trip to garut with antropologi unpad 2012



Tepat pada tanggal 29-30 mei 2013 aku dan teman-teman antropologi unpad angkatan 2012 mendapat kesempatan kuliah lapangan ke kota garut yang banyak orang ketahui tentang  tempat wisatanya yaitu cipanas, dan makanan khasnya yaitu dodol garut ataupun tentang produksi bahan kulitnya. Kita berangkat kira-kira sekitar pukul setengah 6 pagi dan berkumpul di pangkalan damri. Pada pukul kira-kira 9 pagi, kami sampai di cipanas, yaitu tempat penginapan. Tempat penginapan kami dibagi menjadi 2, yaitu penginapan yang  bersebelahan dengan resort sabda alam , dan satu lagi di penginapan yang tempatnya lebih kecil dari penginapan yang pertama (maaf lupa nama penginapannya apa ^^). kebetulan, aku mendapat penginapan di penginapan yang kedua, kita semua menginap di lantai atas, dan lantai bawahnya  tempat menginap para dosen pembimbing.
Setelah meletakkan barang-barang, di tempat penginapan, kita mengadakan breafing kelompok yang kelompok itu sudah dibagi sebelum kita tiba di garut, dan kelompok kita mendapatkan kesempatan meng –observasi tentang pembuatan dan produksi bahan kulit yang terletak di Sukaregang.  Setelah membicarakan tentang pertanyaan yang akan kita ajukan pada narasumber, kami langsung menuju sukaregang dengan menggunakan bus sewaan kami.  Sesampainya di sukaregang, awalnya kita bingung dimana letak pabrik kulit, dan setelah bertanya-tanya pada para warga sekitar, dan akhirnya kami menemukan pabrik kulit yang bisa dibilang besar setelah kami jalan cukup jauh.
Pertama kami meminta izin untuk melihat-lihat pabrik, kami mendapat  kendala sedikit yaitu pak satpam disana meminta surat izinnya, akan tetapi kita lupa membawanya, meskipun begitu, setelah mengobrol sebentar dan salah satu dari kami mengatakan bahwa kami dari unpad, pak satpam tersebut mengizinkan kami masuk karena pemilik pabrik tersebut adalah dekan salah satu fakultas di unpad. Dan pak satpam tersebut akhirnya menjadi tour guide kami mengelilingi pabrik.Pada saat mengelilingi pabrik, selain mendengarkan penjelasan pak satpam tersebut, saya mengambil gambar alat-alat yang digunakan disana. 
dan tahukah kalian, bahwa Ternyata bahan kulit tersebut sudah di ekspor hingga ke negara amerika dan korea. dan biasanya,bahan kulit tersebut dijadikan sarung tangan dan jaket . kualitas bahan-bahannya pun berbeda-beda. akan tetapi, kualitas paling bagus adalah kulit yang berasal dari domba, karena teksturnya halus dan pola-pola nya kecil-kecil. Berbeda dengan kulit kambing yang mempunyai pola besar-besar. Selain itu, kulit yang berwarna lebih mahal dibandingkan kulit yang berwarna hitam. dan ternyata, pembuatan satu jaket membutukan 2-3 lembar kulit. penjualan jaket ini tidaklah murah, satu jaket yang di jual bisa minimal 500.000 rupiah. wow banget kan? nah ini dia foto-foto yang udah aku ambil selama kuliah lapangan disana.
nah ini foto diambil waktu masih diperjalanan menuju garut  :)


ini salah satu alat untuk merontokan bulu dari kulit-kulit nya



nah, lembaran yang dipegang pegawai itu bukan kain loh,, tapi lembaran kulit setelah bulu-bulunya dibersihkan :)

hayo tebak ini apa,, yang pasti ini bukan tumpukan bantal loh,, ini adalah tumpukan kulit-kulit yang udah bersih dari bulu

klo ini, proses pencucian kulitnya, macam baju di cuci ya? hehe

nah klo ini prosespemotongan kulit, jadi dibentuk supaya terlihat rapi gitu :)


eits, ini bukan foto model ftv-ftv loh, ini mah si unyee numpang foto gaya model-model, tapi sayangnya ini di pabrik kulit hahaha :)


ini hadi, aku, dega didepan pabriknya

nah klo ini, waktu kita lagi jalan mau ke tempat toko chocodot :)


berhubung nemu balon di jalan, nah bisa tuh dijadiin aksesoris foto hehe



ini dikaca toko chocodot



setelah beli chocodot, kita cus ke alun-alun garut ,
aku , unyee, aji






klo ini waktu kita diwarung makan sebelum sampai di garut


aku dan geby ala retro haha













2 komentar:

  1. Dari sekian banyak foto akunya ga ada. hm :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata ada komentar.. ahaha baru liat tir :)
      haha sabar ya tirr,, besok2 foto bareng urang makanya :D

      Hapus